Musim hujan di Indonesia biasanya berlangsung pada bulan oktober hingga april. Dan puncak curah hujan tinggi terjadi sekitar bulan desember hingga februari. Permasalahannya, pada akhir tahun seperti sekarang ini, adalah masa liburan Natal dan tahun baru. Sayang sekali jika kita tidak menikmati liburan hanya karena faktor cuaca yang kurang mendukung. Berikut tips menikmati liburan saat musim hujan sedang berlangsung.
Liburan akhir tahun yang terjadi di Indonesia biasanya cukup panjang. Yaitu sejak Natal hingga awal tahun baru. Durasi liburan sekitar seminggu ini sangat sayang jika tidak digunakan untuk berlibur. Kendala yang terjadi jika berlibur di akhir tahun adalah curah hujan yang cukup tinggi. Berikut tips agar anda tetap dapat pergi berlibur, seperti misalnya ke pulau Tidung di akhir tahun ini. Hujan yang terjadi pada wilayah kepulauan Seribu biasanya terjadi pada siang hari sekitar jam 12 siang hingga jam tiga sore. Atau pada malam hari sekitar jam 7 hingga jam 10 malam. Kondisi hujan ini didasarkan pengamatan kami atas cuaca dalam dua bulan terakhir. Dari kondisi cuaca tersebut, maka kami ingin memberikan saran terbaik bagi anda agar dapat menikmati liburan di tempat wisata pulau Tidung.
Tips menikmati liburan di tempat ini saat musim hujan adalah sebagai berikut:
  1. Datanglah ke Tidung saat pagi hari. Semua paket berlibur Tidung Tour mengikuti Jadwal kapal penyeberangan jam 7 pagi. Dan hal ini adalah saran terbaik bagi anda yang ingin datang ke pulau eksotis. Karena pada pagi hari, biasanya cuaca wilayah kepulauan Seribu sangat cerah. Perjalanan sekitar 2,5 jam dengan kapal akan terasa nyaman karena cuaca yang cerah di pagi hari.
  2. Setelah tiba di pulau Tidung, segera lakukan kegiatan menyelam. Sekitar jam 10 adalah waktu yang sangat tepat untuk melihat keindahan alam bawah laut di perairan ini. Saat itu biasanya sinar matahari belum terlalu panas dan biasanya ikan-ikan yang berwarna indah berkeliaran mencari makan.
  3. Jika siang hari mendung datang, segera kembali ke penginapan. Cuaca mendung terlebih jika hujan akan sangat membahayakan kegiatan menyelam. Lagipula jarak pandang di dalam laut sangat terbatas karena saat hujan, biasanya air laut menjadi keruh.
  4. Setelah menikmati makan siang, anda dapat berkumpul bersama sahabat atau keluarga dengan bermain kartu. Permainan ini sangat seru dilakukan sambil menunggu hujan reda. Jadi jangan lupa membawa kartu, ya?
  5. Jika anda tidak tertarik bermain kartu, anda bisa beristirahat tidur siang. Kami yakin perjalanan selama 2,5 jam dengan kapal dan dilanjutkan dengan menyelam adalah kegiatan yang melelahkan.
  6. Saat sore hari sekitar jam 4 sore, biasanya hujan telah reda. Anda dapat melanjutkan kegiatan dengan bermain di pantai. Anda dapat berenang, bermain banana boat maupun kano.
  7. Saat malam hari, jika hujan tiba, anda dapat menikmati jagung bakar atau kerupuk Cue yang khas dan berbincang dengan saudara maupun sahabat. Jika tidak hujan, maka anda dapat melakukan sea food party dengan melakukan barbeque di tepi pantai.
  8. Keesokan harinya, anda dapat berkeliling dengan sepeda sambil menghirup udara segar yang tidak terkena polusi karena di tempat ini tidak ada mobil maupun pabrik. Alam pedesaan yang indah dapat anda nikmati sambil berolah raga dengan sepeda keliling pulau eksotis ini.
Demikian 8 tips berlibur di saat musim hujan. Anda harus pintar memilih waktu yang tepat agar kegiatan liburan anda tetap menyenangkan walaupun saat cuaca buruk. Saran di atas sangat cocok jika anda berlibur dengan paket pulau Tidung yang memiliki durasi menginap hanya 1 malam.

Comments are closed.

    Tentang Kami

    Kami menyediakan paket berlibur dengan nyaman dan harga terjangkau bagi anda, khusus untuk destinasi kepulauan Tidung